Batman Begins - Help Select

bruno mars

Minggu, 05 Oktober 2014

Pulau Sumatera

Apa kabar semua pasti baik-baik saja kan ? Okeh... sekarang saya akan menjelaskan tentang Pulau Sumatera. Baca baik-baik ya


Sumatera adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia dan berada di Asia Tenggara, dengan luas 443.065,8 km2. Penduduk pulau ini sekitar 52.210.926. Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha,  Andalas, atau Suwarnadwipa (bahasa Sanskerta, berarti "pulau emas"). Kemudian pada Prasasti Padang Roco tahun 1286 dipahatkan swarnnabhūmi (bahasa Sanskerta, berarti "tanah emas") dan bhūmi mālayu ("Tanah Melayu") untuk menyebut pulau ini. Selanjutnya dalam naskahNegarakertagama dari abad ke-14 juga kembali menyebut "Bumi Malayu" (Melayu) untuk pulau ini.
Asal nama Sumatera berawal dari keberadaaan Kerajaan Samudera (terletak di pesisir timur Aceh). Diawali dengan kunjungan Ibnu Batutah, petualang asal Maroko ke negeri tersebut pada tahun 1345, dia melafalkan kata Samudera menjadi Samatrah, dan kemudian menjadi Sumatra atau Sumatera. 
Berikut adalah provinsi beserta ibu kotanya yang ada di Pulau Sumatera :
1)     Aceh – Banda Aceh
2)     Sumatera Utara - Medan
3)     Sumatera Barat - Padang
4)     Sumatera Selatan - Palembang
5)     Riau – Pekan Baru
6)     Kep. Riau – Tanjung Pinang
7)     Jambi - Jambi
8)     Bengkulu - Bengkulu
9)     Kep. Bangka Belitung – Pangkal Pinang
10)Lampung – Bandar Lampung
Secara umum, pulau Sumatera didiami oleh bangsa Melayu, yang terbagi ke dalam beberapa suku. Suku-suku besar ialah
1)      Aceh
2)     Batak 
3)     Melayu 
4)     Minangkabau
5)     Besemah
6)     Suku Rejang
7)     Ogan
8)     Komering
9)     Lampung
Di wilayah pesisir timur Sumatera dan di beberapa kota-kota besar seperti  Medan,  Batam,  Palembang, dan Pekanbaru, banyak bermukim etnis Tionghoa. Penduduk Sumatera mayoritas beragama Islam dan sebagian kecil merupakan penganut ajaran Kristen Protestan, terutama di wilayah Tapanuli dan Toba-Samosir, Sumatera Utara. Di wilayah perkotaan, seperti Medan, Pekanbaru, Batam, Pangkal Pinang dan Palembang, dijumpai beberapa orang penganut Buddha.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar