Batman Begins - Help Select

bruno mars

Kamis, 04 September 2014

Pulau Jawa

Hallo semua!!! Di sini kita akan lebih mengenal tentang negeri tercinta ini Indonesia. Hari ini saya akan membahas tentang Pulau Jawa
Pulau Jawa memiliki luas sebesar 126.700 km² (48.919,1 mil²) dan ketinggian tertinggi adalah 3.676 meter (12.060 kaki). Jawa adalah pulau yang sebagian besar terbentuk dari aktivitas vulkanik, merupakan pulau ketiga belas terbesar di dunia, dan terbesar kelima di Indonesia. Deretan gunung-gunung berapi membentuk jajaran yang terbentang dari timur hingga barat pulau ini. Pulau Jawa dibagi menjadi 6 provinsi, yaitu :
1)    Banten                                                  : Serang          
2)   DKI Jakarta                                         : Jakarta                       
3)   Jawa Barat                                           : Bandung
4)   Jawa Tengah                                         : Semarang
5)   Jawa Timur                                           : Surabaya
6)   DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta)       : Yogyakarta 
Pulau Jawa memiliki beberapa kelompok etnik, antara lain
1)    Badui           
2)   Banten
3)   Betawi
4)   Cirebon        
5)   Jawa                    
6)   Osing
7)   Sunda
8)   Tengger
Pulau Jawa merupakan Pulau dengan kepadatan penduduk terbesar di Indonesia, yaitu sekitar 136 juta jiwa yang merupakan 60% dari penduduk Indonesia. Ibu kota negara Indonesia, Jakarta terletak di Jawa Barat. Pembangunan di Pulau Jawa juga merupakan yang paling maju dari pada pulau lain di Indonesia.
  
Pulau ini merupakan bagian dari gugusan kepulauan Sunda Besar dan paparan Sunda, yang pada masa sebelum es mencair merupakan ujung tenggara benua Asia. Pulau Jawa yang sangat subur dan bercurah hujan tinggi memungkinkan berkembangnya budidaya padi di lahan basah, sehingga mendorong terbentuknya tingkat kerjasama antar desa yang semakin kompleks. Dari aliansi-aliansi desa tersebut, berkembanglah kerajaan-kerajaan kecil. Jajaran pegunungan vulkanik dan dataran-dataran tinggi di sekitarnya yang membentang di sepanjang pulau Jawa menyebabkan daerah-daerah interior pulau ini beserta masyarakatnya secara relatif terpisahkan dari pengaruh luar. Jawa bertetangga dengan Pulau Sumatera dan Pulau Bali serta Pulau Kalimantan di sebelah utara.
Pulau Jawa merupakan pulau ke-13 terbesar di dunia. Perairan yang mengelilingi pulau ini ialah Laut Jawa di utara, Selat Sunda di barat,Samudera Hindia di selatan, serta Selat Bali dan Selat Madura di timur. Sungai yang terpanjang ialah Bengawan Solo, yaitu sepanjang 600 km. Sungai ini bersumber di Jawa bagian tengah, tepatnya di gunung berapi Lawu. Aliran sungai kemudian mengalir ke arah utara dan timur, menuju muaranya di Laut Jawa di dekat kota Surabaya. Gunung berapi tertinggi di Jawa adalah Gunung Semeru (3.676 m), sedangkan gunung berapi paling aktif di Jawa dan bahkan di Indonesia adalah Gunung Merapi (2.968 m) serta gunung kelud (1.731 m).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar